ilustrasi hanzhalah dan abu bakar menemui rasulullah ﷺ

Kisah Sahabat Hanzhalah Bin Rabi Ra

Kisah mengisahkan tentang seorang Sahabat Nabi bernama Hanzhalah Bin Rabi Ra yang menjadi salah satu juru tulis Nabi Muhammad ﷺ.

Kisah sahabat Hanzhalah yang telah menjadi seorang munafik!!

Abu Rib’i Hanzhalah bin Rabi RA adalah salah satu dari beberapa juru tulis Nabi ﷺ. Suatu ketika ia bertemu dengan Abu Bakar yang menanyakan keadaannya, ia berkata, “Hanzhalah telah munafik!!”

“Subhanallah,” Kata Abu Bakar, “Apa yang kau katakan, wahai Hanzhalah…!!”

Hanzhalah berkata lagi, “Kalau aku sedang di hadapan Rasulullah ﷺ, dan beliau menceritakan tentang surga dan neraka maka seakan-akan aku melihat dengan mata kepalaku. Tetapi jika aku keluar dari hadapan beliau dan bergaul dengan istri dan anak-anak serta menghadapi berbagai urusan lainnya, aku jadi lupa….”

“Demi Allah, aku juga seperti itu…” Kata Abu Bakar.

ilustrasi hanzhalah dan Abu bakar menemui Rasulullah ﷺ
Ilustrasi Hanzhalah dan Abu bakar menemui Rasulullah ﷺ

Hazhalah dan Abu Bakar menghadap Rasulullah ﷺ

Mereka berdua sepakat pergi kepada Nabi ﷺ untuk menanyakan masalah tersebut. Tiba di hadapan beliau Hanzhalah berkata, “Wahai Rasulullah, Hanzhalah telah munafik!!”

“Kenapa demikian?” Tanya Nabi ﷺ.

Hanzhalah menjelaskan apa yang dirasakan dan dialaminya, dan juga dikuatkan dengan Abu Bakar. Dengan tersenyum Nabi ﷺ bersabda, “Demi Dzat yang jiwaku berada di dalam genggamanNya, seandainya kamu sekalian bisa tetap keadaannya seperti ketika di hadapanku, dan selalu mengingat-ingatnya, pastilah para malaikat akan menjabat tanganmu di tempat-tempat tidur kalian dan juga di jalan-jalan. Wahai Hanzhalah, sesaat dan sesaat, sesaat dan sesaat, sesaat dan sesaat…!”

Nabi ﷺ pernah mengirim Hanzhalah ke Thaif untuk mendakwahi mereka, tetapi mereka menangkap dan mengurungnya. Beliau berkata, “Siapa di antara kalian yang bisa menyelamatkan Hanzhalah, ia akan memperoleh ganjaran sebagaimana yang diperoleh sewaktu keluar ghuzwah (mengikuti pasukan)…”

Ketika tidak ada sahabat yang bangkit, paman beliau, Abbas bin Abdul Muthalib menyanggupinya. Dan ia berhasil membawa kembali Hanzhalah kepada Nabi ﷺ , walaupun penduduk Thaif berusaha menghalanginya, bahkan melemparinya dengan batu.

Mari bergabung dalam komunitas pencinta pencinta siroh nabawi. Karena akan ada banyak kisah Siroh Nabi Muhammad ﷺ , para sahabat dan sahabiyah dan para Ulama yang dapat kita ambil hikmahnya.

Scroll to Top